Sabtu, 26 Maret 2016

Sate Matang Kuliner Khas Aceh Jeumpa (Bireun)

 Asalamu'alaikum warahmatullah...

Sate matang adalah salah satu kuliner khas kecamatan Matang, Matang Glumpang Dua merupakan salah satu kecamatan didalam wilayah kabupaten Aceh Jeumpa (Bireun). Sate matang daging yang digunakan adalah daging  kambing muda, sate matang biasa disajikan dengan kuah kacang, kuah kacang hampir serupa dengan kuah kacang sate jawa, tapi pengolahannya disesuaikan dengan lidah orang Aceh, kalau di makan pasti tahu dimana letak perbedaan kuah kacang sate matang dengan kuah kacang sate Jawa. Sate matang tidak disajikan dengan lontong atau ketupat, tapi nasi dan kuah soto, kuah soto hanya terdapat sedkit daging dan lemak kambing untuk membuat aroma kuah soto menjadi harum dan sedap. 
Sate matang meski dari Bireun tapi kuliner ini telah menjadi kuliner nusantara, jadi kalau kita mau makan sate matang tidak musti ke Bireun, tapi di kota-kota lain di Aceh juga telah banyak yang menjual sate matang, di Banda Aceh khususnya para pedagang sate matang hampir disetiap sudut kota ada. Ada bebarapa tempat yang menjadi favorit warga untuk menikmati sajiian kuliner sate matang, salahsatunya di warung sate matang Yakin Rasa, warung yakin rasa karena letaknya yang sangat strategis yaitu didaerah food court (rex peunayong) didepan hotel Medan, Hotel Wisata dan Hotel Prapat. Hampir setiap malam warung sate matang ini selalu ramai dikunjungi warga baik warga Banda Aceh, dan wisatawan lokal dan wisatawan luar juga terlihat menikmati sate matang ditempat ini, dari segi harga sangat ramah di saku dan pelayanan juga memuaskan.

Para rakan semua kalau ke Aceh dan Banda Aceh jangan lupa untuk singgah di warung sate matang dan rasakan citarasa khas sate matang yang sangat lezat dan menggugah selera.

Wasalamu'alaikum warahmatullah...
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar