Sabtu, 19 Maret 2016

Pantai Pasir Putih Lhokmee Mutiara Tersembunyi Di Balik Bukit Suharto Lamreeh A. Besar

Asalamu'alaikum warahmatullah....

Pukul masih menunjukkan 9.00 WIB, tapi sinar matahari cukup membuat kulit terasa agak panas, di hari Minggu ini saya berencana untuk menuju ke Pantai Pasir Putih  berada di Mukim (kecamatan) Krueng Raya, jaraknya lumayan jauh sekitar 30 KM dari tempat kediaman. Di sepanjang perjalanan banyak juga kita lewati objek wisata lain seperti Pantai Ujung Batee yang terkenal dengan pantai pasir hitam dan pohon pinus yang berjejer rapi. Musibah tsunami tidak memberikan dampak yang berarti bagi pantai ini. Setelah pantai ini beberapa kilometer kedepan juga terdapat Benteng Indrapatra yang sejarahnya sudah saya tulis di artikel sebelumnya.

Jalan menuju ke Pantai Lhokmee ini disuguhi pemandangan yang tidak kalah menariknya, di sepanjang jalan yang naik dan menuruni bukit dan berkelok-kelok cukup membuat kita terasa betul-betul di perkampungan yang masih asri, jauh dari hiruk-pikuk yang sehari-hari kita dapatkan bila kita hidup di kota besar. Penduduk disini pun ramah-ramah terhadap pendatang, senyum selalu menghiasi wajah mareka bila kita menegur dan berpapasan dengan mareka, tidak ada pandangan curiga atau tidak nyaman di wajah mareka. Di kiri kanan menuju pantai terlihat pohon boh jambee kleeng, anggur hitam (jamblang) dan sebutan lainnya sewaktu masih kanak-kanak dulu berjejer rapi dan ternak-ternak penduduk yang dilepaskan begitu saja menambah keasrian daerah ini. Mashaallah...

Sampai ditempat tujuan Pantai Pasir Putih Lhokmee kita hanya membayar 5 ribu perorang untuk biaya masuk kita sudah disuguhi bau dan angin khas pantai. Pantai dihari libur banyak dikunjungi oleh masyarakat, kebanyakan mareka dari kota dan ada juga dari luar kota, disini juga disediakan pondok-pondok untuk duduk dan beristirahat dan juga Mushalla kecil untuk sholat bagi para pengunjung. Disini disediakan kelapa muda dan makanan-makanan kecil tidak ada restoran bak pantai iboih atau pantai Lampuuk dengan ikan bakarnya. Biasanya para pengunjung membawa sendiri perbekalan untuk makan siang disini, mareka sudah maklum akan kondisi disini.

Pantai pasir putih  Lhokmee ini adalah salah satu pantai pasir putih di kabupaten Aceh Besar selain pantai Lampuuk, pantai Lhoknga dan pantai lainnya. Kalau panas terik dan keadaan air laut pasang terlihat pasir yang putih bersih berkilau bak mutiara  dan air lautnya dengan ombak kecil tenang ditambah lagi dengan warna air laut yang bening menjadikan kapal perahu nelayan seperti mengambang diatas udara, warna air laut yang hijau tosca dipinggirnya ke depan sedikit berwarna biru muda dan jauh kepantai warna biru tua menjadikan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia. Yang unik dipantai ini terdapat pohon yang tumbuh di dalam air asin laut yang menjulang tinggi, kalau air lagi surut akan nampak akarnya dan bila pasang akarnya dan pohon setengah nampak di permukaan air laut. Pantai Lhokmee ini bertipe pantai karang yang terlihat dikala air surut, maka para pengunjung musti berhati-hati jika berjalan ke dalam pantai. Pantai Lhokmee juga memiliki garis pantai yang panjang yang membuat pantai ini semakin indah.

Daerah ini setelah musibah tsunami sektor pariwisata menunjukkan kemajuan ini ditandai dengan intensitas  kenderaan baik roda 4 maupun roda 2 yang memadati jalan menuju objek wisata didaerah ini. Semoga dengan kerjasama permerintah daerah dan penduduk setempat bisa mewujudkan wisata yang madani sebagai tujuan kita bersama,

Wasalamu'alaikum warahmatullah...





Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar