Senin, 14 Maret 2016

Kari Kambing Yang Punya Nama Kuah Belangong

Asalamu'alaikum Warahmatullah...

Nanggroe Aceh tidak hanya kaya akan wisata bahari dan sejarah yang mempesona.Sajian kuliner di Aceh juga telah mendapatkan acungan jempol dari para travelers dalam dan luar negeri salahsatunya yaitu KUAH BELANGONG.Kuah belangong adalah nama lain dari masakan kari kambing khas Aceh Besar,kenapa disebut kuah belangong??pasti rakan-rakan pada bertanya, kari kambing (kuah belangong) disebut demikian karena dimasak dalam kuali besar yang terbuat dari logam,kuali itu dalam bahasa aceh disebut BEULANGONG yang ukurannya bermacam-macam,ada yang diameternya kecil dan ada yang besar.
KUAH BELANGONG mempunyai ciri khas yaitu dimasak dengan beraneka ragam rempah yang banyak dari bawang putih,bawang merah,cabe keriting,lada,ketumbar sangrai,kunyit,cengkeh,kayu manis,kapulaga,jahe dll.

kuah belangong disajikan didalam piirng


Kuah Belangong mempunyai citarasa yang khas,daging kambing yang empuk yang mana rempah-rempah juga ikut meresap,biasa daging kambing dipilih daging kambing muda, yang mana daging kambing tersebut bisa dimakan oleh penderita kolesterol karena kandungan kolesterol lebih sedikit dari kambing tua, biasanya kuah belangong dipadukan dengan minuman es timun serut yang dipercaya bisa menstabilkan kuah belangong yang biasa mempunyai kolesterol tinggi.

Kuah Beulangong disalahsatu rumah makan

Kuah belangong sering dimasak disaat ada upacara keagamaan dan walimatul 'ursy, kuah belangong dimasak ada yang menggunakan nangka muda,labu air, dan pisang kepok muda. Ada yang berujar bahwa diaceh kalau masakan kari kambing menggunakan biji ganja sebagai rempah sehingga menjadi enak dang dagingnya empuk dan dibuat nagih, lagi dan lagi.Saya katakan tidak semua memakai biji ganja sebagai tambahan bumbu rempah, meski tidak menutup kemungkinan ada yang masih memakainya.Wallahu a'lam.

Khenduri di gampong (desa)



Banyak yang mengatakan kalau kuah belangong (kari kambing) meski banyak kita memakannya tidak akan membuat cepat eneg itu bisa jadi karena dalam pembuatannya tidak memakai santan kental, jadi tetap terasa ringan dan gurih.
Rumah makan maupun Restoran di Banda Aceh dan Aceh besar banyak yang menyediakan menu hidangan kuah belangong (kari kambing) tinggal rakan-rakan hunting untuk mendapatkan citarasa yang pas dimulut dan hati rakan-rakan sekalian. Dari segi hargapun tidak akan membuat kantong cekak,meski setiap rumah makan atau restoran mempunyai standar harga masing-masing.Dan Inshaallah harga berbanding lurus dengan kualitas rasa.

Wasalamu'alaikum Warahmatullah....

Es timun kerok setelah menyantap kuah beulangong

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar